JHS Indonesia Buka Donasi Buku via SAJUBU dan Pengadaan Air Bersih

JHS Indonesia Buka Donasi Buku via SAJUBU dan Pengadaan Air Bersih

344
0
SHARE

Dunia memang semakin canggih. Teknologi terus berkembang dan memudahkan manusia. Dengan gawai, semua bisa dikerjakan. Mulai dari berkomunikasi, menggali informasi, hingga menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Rasanya, saat ini tidak ada manusia yang bisa bertahan tanpa ponselnya.
Tapi secanggih apapun teknologi, buku tetap memiliki peran tersendiri. Buku mampu menjangkau daerah yang ‘miskin’ sinyal. Dan mengenalkan buku merupakan salah satu cara untuk mengajak anak mau membaca. Masih ingatkan dengan pepatah, “Buku adalah gudang ilmu”. Buku menawarkan banyak pengetahuan dan cerita.
Sayangnya, minat membaca di Indonesia sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari penelitian The World’s Most Literate Nation yang dilakukan oleh The Central Connecticut State University dari pada 2016.
Dari penelitian itu, Indonesia berada di urutan ke 60 dari 61 negara dengan minat baca rendah. Banyak hal yang menyebabkan minat membaca penduduk Indonesia rendah, mulai dari harganya yang mahal hingga penyalurannya yang tidak merata.
Berangkat dari kondisi yang menyedihkan ini, fans Jang Hyunseung di Indonesia yang tergabung dalam JHS Indonesia mengagas kegiatan sosial berupa donasi buku. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Buku yang dapat disumbangkan dapat berupa buku baru atau buku bekas yang masih layak. Namun buku yang diterima adalah buku pengetahuan umum, seperti: ensiklopedia, kamus, buku kreativitas (bukan buku teks siswa). Dan penting untuk diingat, semua konten buku harus bebas dari pornografi, kekerasan, dan hasutan.
Donasi buku akan dikirimkan melalui SAJUBU. Nantinya Sajubu yang akan menyalurkan buka ke perpustakaan sekolah, taman bacaan dan perpustakaan masyarakat di beberapa daerah dan komunitas yang kurang beruntung.
Kegiatan sosial kedua adalah membantu menyediakan air bersih. Air bersih memang kebutuhan penting. Dan sama seperti kegiatan sosial yang pertama, JHS Indonesia juga bekerja sama dengan The Spring Water untuk membantu warga mendapatkan air bersih. Kali ini, The Spring Water akan melaksanaan programnya di daerah Teluk Naga, Tangerang.
Proyek bernama Jang Hyunseung’s 29th Birthday Project ini memang digelar untuk merayakan ulang tahun penyanyi korea ini. Tapi, kegiatan ini terbuka untuk umum. Kalian tidak perlu menjadi seorang penggemar Kpop atau Jang Hyunseung hanya untuk bergabung dengan kegiatan ini.
Dan periode donasi berlangsung sejak 1 Juni hingga 25 Agustus 2017. JHS Indonesia akan mengumumkan hasil sumbangan pada 2 September 2017, sehari sebelum ulang tahun ke-29 penyanyi tersebut.


Dan, tidak ada salahnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan kan? Jadi JHS Indonesia juga memberikan souvenir kepada lima donatur dengan nilai donasi tertinggi.

SHARE
Previous articleDua Wajah W. Mark Felt, Sang Deep Throat Dan Loyalis
Next articlePentagon Hui Siap Ulang Kesuksesan Never?
Hi, I am Sekar Sari Indah Cahyani but you can call me Sekar. I am a mother of two who love music, movie, reading, cooking and still learning about make up. I really love music. Unfortunately, I can’t sing and playing any music instruments. My music range from “you need to listen to this” to “please don’t judge me”. All of my favorites have nothing to with my age. Age is just number. So, if you have same interests with me, let’s have a nice talks. And, please enjoy my world.