Lima Lagu Terfavorit Michael Jackson

Lima Lagu Terfavorit Michael Jackson

376
1
SHARE
Kevin Mazur/WireImage
Michael Jackson performs circa 1986.

Mungkin tidak banyak yang mengenal Michael Joseph Jackson. Tapi semua pasti kenal dengan Michael Jackson. Bisa jadi tidak kenal lagu dan wajahnya. Tapi setidaknya, namanya sudah tidak asing lagi.

Raja Pop ini memang sudah tiada. Tapi karyanya tidak akan lekang dimakan waktu. Sepanjang hidupnya pria yang lahir pada 29 Agustus 1958 ini telah mengeluarkan sepuluh album solo, sebelas album bersama saudara-saudaranya yang tergabung dalam Jackson Five dan tidak terhitung single.

Terlepas dari berbagai kontroversi maupun masalah hukum, Michael Jackson adalah legenda di dunia musik. Lagunya tidak hanya bercerita tentang cinta, tapi juga masalah sosial. Dari sekian banyak lagunya, ada lima yang menjadi favorit saya. Sekali lagi, favorit saya. Dan mencari lima yang terfavorit ini sangat susah.

Ben (1972)

 

Lagu yang pada awalnya diperuntukan untuk Donny Osmond ini membuktikan kualitas seorang Jackson. Di usianya yang belum genap 13 tahun, Jackson kecil membuktikan kedalaman emosinya dalam bernyanyi. Dan berkat lagu ini, Jackson tampil di Academy Awards 1973. Ben dinominasikan sebagai Best Original Song.

Bad (1987)

Lagu ini seharusnya menjadi duet antara Jackson dengan Prince. Meski akhirnya Prince mundur, tapi dia tetap meyakinkan jika lagu yang ditulis oleh Jackson ini bakal menjadi hits. Lagu ini dibuka dengan kalimat yang ikonik. Siapa sih yang bisa lupa dengan kalimat “You’re butt is mine” dan mengakhirnya dengan pertanyaan “Who’s bad?”. Atau break down lagu di permainan organ solo oleh Jimmy Smith.

Too many iconic part in this song.

Pertama kali mendengar lagu ini, saya tidak tahu maksud lagunya. Hanya saja dari lagu yang sangat agresif ini “Bad” seperti lagu yang menceritakan tentang kemarahan atau kritik sosial. And boy, I was right. Jackson menulis “Bad” setelah membaca artikel tentang seorang pelajar Afrika-Amerika yang tewas saat perjalanan pulang dari sekolah.

Will You Be There (1991)

Sama seperti Ben, “Will You Be There” juga merupakan soundtrack film yang—kebetulan juga—bercerita tentang persahabatan seorang anak dengan binatang. Jika di “Ben” bercerita tentang tikus, “Free Willy” bercerita tentang Paus.

“Will You Be There” adalah salah satu dari sekian banyak lagu Jackson yang diputar dalam setiap dekomentasinya. Walau belakangan lagu ini juga bermasalah dalam hal hak cipta. Mulai dari digunakannya simfoni yang dibuat oleh Beethoven—dan tidak ada credit di lagunya—hingga isu plagiat yang diklaim musisi dari Italia, Albano Carrisi. Tapi tetap saya suka lagu yang sangat kuat aroma gospelnya ini.

Black or White (1991)

As a fan of rock music, I just love it. “Black or White” mengombinasikan rock dengan RnB dengan sangat baik. I have nothing more to write about this song.

Man In The Mirror (1987)

Ini adalah lagu Jackson terbaik. Penuh dengan emosi dengan lirik yang puitis. I’ve been a victim of a selfish kind of love. It’s time that I realize that there are some with no home. Not a nickel to loan. Could it be really me, pretending that they’re not alone?

Chorusnya juga sangat menarik, bahwa untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik harus dimulai dari diri sendiri. I’m starting with the man in the mirror. I’m asking him to change his way. And no message could have been any clearer. If you wanna make the world a better place, take a look at yourself and then make a change.

Ada yang bilang jika “Man In The Mirror” ini didedikasikan untuk seorang bocah lima tahun yang menjadi korban penculikan di Jepang. Bocah malang yang diculik, untuk dimintai tebusan namun akhirnya ditemukan tewas. Saat peristiwa ini terjadi, Jackson sedang tur di negara matahari terbit tersebut.

1 COMMENT

  1. Lagu yang disebut di sini lagu favoritku semua dari Michael Jackson. Dan ini aku setelin satu-satu. Aaahh… Bring the old memories. Soalnya waktu aku kecil yang didengar ya termasuk Michael Jackson ini. Jadi kepengen nulis hal yang sama. Hehehe… Btw, salam kenal ya, Mbak Sekar.

Comments are closed.